Minggu, 07 Juli 2013

KISAH SUNAN AMPEL

         Prabu Sri Kertawijaya tak kuasa memendam gundah. Raja Majapahit  itu risau memikirkan pekerti warganya yang bubrah tanpa arah. Sepeninggal Prabu Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada, kejayaan Majapahit tinggal  cerita pahit. Perang saudara berkecamuk di mana-mana. Panggung judi, main  perempuan,
dan mabuk-mabukan menjadi ''kesibukan'' harian kaum bangsawan --pun rakyat kebanyakan. 

       Melihat beban berat suaminya, Ratu Darawati merasa wajib urun rembuk. ''Saya punya keponakan yang ahli mendidik kemerosotan budi pekerti,''kata permaisuri yang juga putri Raja Campa itu. ''Namanya Sayyid Ali Rahmatullah, putra Kakanda Dewi Candrawulan,'' Darawati menambahkan. Tanpa berpikir panjang, Kertawijaya mengirim utusan, menjemput Ali Rahmatullah ke Campa --kini wilayah Kamboja.

        Ali Rahmatullah inilah yang kelak lebih dikenal sebagai SunanAmpel. Cucu Raja Campa itu adalah putra kedua pasangan Syekh Ibrahim Asmarakandi dan Dewi Candrawulan. Ayahnya, Syekh Ibrahim, adalah seorangulama asal Samarkand, Asia Tengah. Kawasan ini melahirkan beberapa ulamabesar, antara                      lain perawi hadis Imam Bukhari. 

          Ibrahim berhasil mengislamkan Raja Campa. Ia kemudian diangkat sebagai menantu. Sejumlah sumber sejarah mencatat silsilah Ibrahim dan Rahmatullah, yang sampai pada Nabi                      Muhammad lewat jalur Imam Husein bin Ali.Tarikh Auliya karya KH Bisri Mustofa mencantumkan nama Rahmatullah sebagai   keturunan Nabi ke-23 





           Ia diperkirakan lahir pada 1420, karena ketika berada di Palembang,pada 1440, sebuah sumber sejarah menyebutnya berusia 20 tahun. Soalnya, parasejarawan lebih banyak mendiskusikan tahun kedatangan Rahmatullah di Pulau Jawa.Petualang Portugis, Tome Pires, menduga kedatangan itu pada                    1443 Hikayat Hasanuddin memperkirakannya pada sebelum 1446 --tahunkejatuhan Campa ke tangan Vietnam. De Hollander menulis, sebelum ke Jawa,Rahmatullah memperkenalkan Islam kepada Raja Palembang, Arya Damar, pada1440. Perkiraan Tome Pires menjadi bertambah kuat. Dalam lawatan ke Jawa,       Rahmatullah didampingi ayahnya, kakaknya (Sayid Ali Murtadho), dan sahabatnya (Abu Hurairah). 
                     
         Rombongan mendarat di kota bandar Tuban, tempat mereka berdakwah beberapa lama, sampai Syekh Asmarakandi wafat. Makamnya kinimasih terpelihara di Desa Gesikharjo, Palang,Tuban. Sisa rombonganmelanjutkan perjalanan ke Trowulan, ibu kota Majapahit, menghadap Kertawijaya.
Di sana,Rahmatullah menyanggupi permintaan raja untuk mendidik moral para bangsawan dan kawula Majapahit. 
                     
           Sebagai hadiah, ia diberi tanah di Ampeldenta, Surabaya. Sejumlah300 keluarga diserahkan untuk dididik dan  mendirikan permukiman di Ampel.Meski raja menolak masuk Islam, Rahmatullah diberi kebebasan mengajarkanIslam pada warga Majapahit, asal tanpa paksaan. Selama tinggal di                     Majapahit, Rahmatullah dinikahkan dengan Nyai Ageng Manila, putri Tumenggung
Arya Teja, Bupati Tuban. 
                     
           Sejak itu, gelar pangeran dan raden melekat di depan namanya. Raden Rahmat diperlakukan sebagai keluarga keraton Majapahit.Ia pun makindisegani masyarakat. Pada hari yang ditentukan, berangkatlah rombongan RadenRahmat ke Ampel. Dari Trowulan, melewati Desa Krian, Wonokromo, berlanjut ke
Desa Kembang Kuning. Di sepanjang perjalanan, Raden Rahmat terus melakukan dakwah. 
    Ia membagi-bagikan kipas yang terbuat dari akar tumbuhan kepada penduduk. Mereka cukup mengimbali kipas itu dengan mengucapkan syahadat.Pengikutnya pun bertambah banyak. Sebelum tiba di Ampel, Raden Rahmatmembangun langgar (musala)  sederhana di Kembang Kuning, delapan kilometerdari Ampel.                     
                     
      Langgar ini kemudian menjadi besar, megah, dan bertahan sampai sekarang --dan diberi nama Masjid Rahmat. Setibanya di Ampel, langkah pertama
Raden Rahmat adalah membangun masjid sebagai pusat ibadah dan dakwah.
Kemudian ia  membangun pesantren, mengikuti model Maulana Malik Ibrahim  di Gresik. Format pesantrennya mirip konsep biara yang sudah dikenal masyarakat Jawa. 
                     
                     Raden Rahmat memang dikenal memiliki kepekaan adaptasi.                     
Caranya menanamkan akidah dan syariat sangat memperhatikan kondisi
masyarakat. Kata ''salat'' diganti dengan ''sembahyang'' (asalnya: sembah dan
hyang). Tempat ibadah tidak dinamai musala, tapi ''langgar'', mirip kata sanggar.  Penuntut ilmu disebut santri, berasal dari shastri --orang  yang tahubuku suci agama Hindu. 
                     
                     Siapa pun, bangsawan atau rakyat jelata, bisa nyantri pada RadenRahmat. Meski menganut mazhab Hanafi, Raden Rahmat sangat toleran pada penganut mazhab lain. Santrinya                      dibebaskan ikut mazhab apa saja. Dengan cara
pandang netral itu, pendidikan di Ampel mendapat simpati kalangan luas. Dari sinilah sebutan ''Sunan Ampel'' mulai populer. 
                     
                     Ajarannya yang terkenal adalah falsafah ''Moh Limo''. Artinya: tidak
melakukan lima hal tercela. Yakni moh main (tidak mau judi), moh ngombe (tidakmau mabuk), moh maling (tidak mau mencuri), moh madat (tidak mau mengisap candu), dan moh madon (tidak mau berzina). Falsafah ini sejalan dengan problem kemerosotan moral warga yang dikeluhkan Sri Kertawijaya. 
                     
                     Sunan Ampel sangat memperhatikan kaderisasi. Buktinya, dari sekian putra dan santrinya, ada yang kemudian menjadi tokoh Islam terkemuka.Dari perkawinannya dengan Nyai Ageng Manila, menurut satu versi, Sunan Ampel dikaruniai enam anak. Dua di antaranya juga menjadi wali, yaitu Sunan Bonang
(Makdum Ibrahim) dan Sunan Drajat (Raden Qosim). 

                     
                     Seorang putrinya, Asyikah, ia nikahkan dengan muridnya RadenPatah, yang kelak menjadi sultan pertama Demak. Dua putrinya dari istri yang lain,Nyai Karimah, ia nikahkan dengan dua muridnya yang juga wali. Yakni Dewi   Murtasiah, diperistri Sunan Giri, dan Dewi Mursimah, yang dinikahkan               dengan Sunan Kalijaga. Sunan Ampel biasa berbeda pendapat dengan putra dan  murid-mantunya yang juga para wali. Dalam hal menyikapi adat, Sunan Ampel lebih puritan ketimbang Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga pernah menawarkanuntuk mengislamkan adat sesaji, selamatan, wayang, dan gamelan. Sunan Ampel
menolak halus.                     
                     
             ''Apakah tidak khawatir kelak adat itu akan dianggap berasal dariIslam?'' kata Sunan Ampel. ''Nanti bisa bidah, dan Islam tak murni lagi.''Pandangan Sunan Ampel didukung Sunan Giri dan Sunan Drajat. SementaraSunan Kudus dan Sunan Bonang menyetujui Sunan Kalijaga. Sunan Kudus
membuat dua kategori: adat yang bisa dimasuki Islam, dan yang sama sekali tidak. 
                     
                     Ini mirip dengan perdebatan dalam ushul fiqih: apakah adat bisadijadikan sumber hukum Islam atau tidak. Meski demikian, perbedaan itu tidak mengganggu silaturahmi  antarpara wali. Sunan Ampel memang dikenal bijak mengelola perbedaan pendapat. Karena itu, sepeninggal Maulana Malik                 Ibrahim, ia diangkat menjadi sesepuh Wali Songo dan mufti (jurufatwa)  se-tanah Jawa. Menurut satu versi, Sunan Ampel-lah yang memprakarsai pembentukan Dewan Wali Songo, sebagai strategi menyelamatkan dakwah Islamdi tengah kemelut politik Majapahit. Namun, mengenai tanggal wafatnya, tak ada bukti sejarah yang pasti.  Sumber-sumber tradisional memberi titimangsa yang berbeda.                     
                     
                     Babad Gresik menyebutkan tahun 1481, dengan candrasengkala ''Ngulama Ampel Seda Masjid''. Cerita tutur menyebutkan, beliau wafat saat sujud di masjid.Serat Kanda edisi Brandes menyatakan tahun 1406. Sumber lain menunjuk tahun 1478, setahun setelah berdirinya Masjid Demak. Ia   dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel,di areal seluas 1.000 meter persegi,bersama ratusan santrinya. 
                     
                     Kompleks makam tersebut dikelilingi tembok besar setinggi 2,5 meter. Makam Sunan Ampel bersama istri dan lima kerabatnya dipagari bajatahan karat setinggi 1,5 meter, melingkar seluas 64 meter persegi. Khusus makam\Sunan Ampel dikelilingi pasir putih. Setiap hari, penziarah ke makam                     
Sunan Ampel rata-rata 1.000 orang, dari berbagai pelosok Tanah Air.Jumlahnya bertambah pada acara ritual tertentu, seperti saat Haul Agung Sunan Ampel ke-552, awal November lalu.Pengunjungnya membludak sampai 10.000 orang. Kalau makam Maulana Malik Ibrahim sepi penziarah di bulan Ramadhan, makam Sunan Ampel justru makin ramai 24 jam pada bulan.






Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini

Tulis e-mail anda di sini